LATIHAN UAS GANJIL PKN KELAS 8
1.
Rancangan Undang-undang
yang berasal dari presiden diajukan kepada ...
a.
Mahkamah Konstitusi c.
MA
b.
DPR d.
DPD
2.
Peraturan Daerah/peraturan
yang setingkatnya adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh ...
a.
Kepala Daerah dan DPRD c. DPD
b.
Presiden d.
DPR
3. Seandainya pada suatu hari
jam pelajaran kosong, guru yang mengajar mendapatkan tugas penataran dan jam
itu jam terakhir maka sikap anda ...
a.
Bermain di luar c.
Menunggu bel berbunyi
b.
Pergi ke kantin d.
Segera pulang
4.
Upaya yang kita lakukan
agar terhindar dari tindakan korupsi adalah ...
a.
Menghindar jika diberi
tugas urusan keuangan
b.
Memahami Undang-Undang anti
korupsi
c.
Berkumpul dengan pejabat
negara yang jujur
d.
Memperbaiki budi pekerti
dan meningkatkan keimanan terhadap Tuhan
5. Definisi korupsi yang
dipahami umum adalah merugikan negara atau institusi baik secara langsung atau
tidak langsung sekaligus ...
a.
Memperkaya diri sendiri c.
Melemahkan perekonomian pemerintah
b.
Merugikan tetangga d.
Menghambat pembangunan
6.
Salah satu akibat dari
tindakan korupsi bagi negara adalah ...
a.
Menghabiskan atau memakan
harta kekayaan keluarga
b.
Menjadikan kekayaan pribadi bertambah
c.
Menjadikan negara miskin
dan banyak hutang
d.
Menimbulkan keadilan dalam
hal pendapatan dan kekayaan
7.
Pejabat yang melakukan
korupsi biasanya terdorong oleh ...
a.
Nafsu serakah c.
Ajakan teman-teman
b.
Tekanan dari atasan d.
Kebutuhan keluarga
8.
Bentuk penyalahgunaan
kekuasaan yang jelas-jelas merugikan keuangan negara adalah ...
a. Kolusi b.
Nepotisme c. Sparatisme d. Korupsi
9.
Seseorang yang memiliki
perilaku anti korupsi akan menolak jika diberi uang oleh seseorang ...
a.
Yang memegang jabatan
tinggi c. Yang
belum dikenal identitasnya
b.
Yang bertugas memberantas
korupsi d. Dari hasil
korupsi
10. Tujuan amandemen UUD 1945
yaitu menyempurnakan aturan dasar mengenai jaminan dan pelaksanaan kedaulatan
rakyat serta memperluas partisipasi rakyat agar sesuai dengan ...
a.
Pendapat para ahli hukum c.
Cita-cita para pendiri negara
b.
Perkembangan paham
demokrasi d. Kondisi
negara-negara maju
11.
Di bawah ini merupakan
kesepakatan dasar dalam melakukan amandemen UUD 1945, kecuali ...
a.
Tidak mengubah Pembukaan
UUD 1945
b.
Tetap mempertahankan NKRI
c.
Mempertegas sistem
pemerintahan Presidensial
d.
Mempertegas sistem
pemerintahan parlementer
12.
Amandemen UUD 1945 sudah
dilaksanakan sebanyak ...
a. Satu b.
Dua c.
Tiga d.
Empat
13. Peraturan perundang-undangan yang akan dibentuk di
Negara Republik Indonesia harus berdasarkan kepada landasan ...
a.
Filosofis, sosiologis, dan
historis c.
Filosofis, historis dan yuridis
b.
Filosofis, sosiologis, dan
yuridis d. Sosiologis,
historis, dan yuridis
14.
Peraturan
perundang-undangan yang masih berlaku hanya dapat dihapus, dicabut, atau diubah
oleh peraturan perundang-undangan yang ...
a.
Sederajat atau yang lebih
tinggi c. Dibuat
oleh MPR
b.
Diundangkan dalam Lembaran
Negara d. Dibuat oleh
Presiden
15.
Dengan lahirnya Undang-
Undang No. 12 tahun 2011, maka UU No 10 tahun 2004 menjadi ...
a.
Berlaku jika masih cocok c.
Berlaku hanya sebagian saja
b.
Tidak berlaku d.
Berlaku dikalangan MPR
16.
Peraturan
perundangan-undangan RI yang sudah tersusun secara sistematis dengan hierarki
yang sudah diatur dengan Undang-undang itu ...
a.
Tidak boleh dibolak-balik c.
Boleh dipilih yang penting-penting
b.
Boleh dibolak-balik d.
Semua kedudukan sama
17.
Peraturan perundang-undangan
yang kedudukannya paling rendah menurut UU No. 12 tahun 2011 adalah ...
a.
Keputusan Presiden c.
Peraturan Pemerintah
b.
Keputusan Menteri d.
Peraturan Daerah
18.
Peraturan
perundang-undangan yang dibuat oleh DPR
bersama dengan Presiden disebut ...
a.
Keputusan DPR c.
Undang-Undang
b.
Peraturan Pemerintah d.
Undang-Undang Dasar
19.
Suatu Undang-Undang yang
baik semestinya disetujui oleh ...
a.
Presiden dan MA c.
Presiden dan DPD
b.
MPR dan Presiden d.
Presiden dan DPR
20. | Dasar Negara Republik Indonesia adalah… |
a. |
b. |
c. |
d. |
21. | Rumusan Pancasila yang berlaku tercantum dalam… |
a. |
b. |
c. |
d. |
22. | landasan kehidupan bernegara disebut |
a. |
b. |
c. |
d. |
23. | Pembukaan UUD 1945 disyahkan oleh... |
a. |
b. |
c. |
d. |
24. | Perhatikan pernyataan berikut ini: 1. Nasionalisme (kebangsaan Indonesia) 2. Internasionalisme ( perikemanusiaan) 3. Mufakat atau demokrasi 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan yang berkebudayaan Pernyataan di atas merupakan rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh... |
a. |
b. |
c. |
d. |
25. | Nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif artinya... |
a. |
b. |
c. |
d. |
26. | Sani Sanjaya seorang siswa SMPN 2 Mangunjaya memberikan sumbangan pada Suryati yang mengalami suatu musibah.Tindakan Sani tersebut merupakan salah satu pengamalan Pancasila sila terutama sila ke |
a. |
b. |
c. |
d. |
27. | Salah satu contoh perbuatan yang bertentangan denga sila ke-3 Pancasila adalah... |
a. |
b. |
c. |
d. |
28. | Periode berlakunya UUDS 1950 mulai dari... |
a. |
b. |
c. |
d. |
29. | Salah satu penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama adalah.... |
a. |
b. |
c. |
d. |
30. | Salah satu kesepakatan dalam melakukan amandemen UUD NRI 1945 adalah... |
a. |
b. |
c. |
d. |
31. | Sistematika UUD NRI 1945 hasil amandemen adalah sebagai berikut |
a. |
b. |
c. |
d. |
32. | istilah konstitusi lebih tepat diartikan sebagai... |
a. |
b. |
c. |
d. |
33. | Berlaku suatu undang-undang harus sesuai dengan kondisi nyata dan kebutuhan masyarakat. Hal ini sesuai dengan salah satu landasan ...... |
a. |
b. |
c. |
d. |
34. | Tata Urutan peraturan perundang-undangan yang paling tinggi adalah... |
a. |
b. |
c. |
d. |
35. | Lembaga tinggi negara yang mempunyai kekuasaan untuk mengubah UUD NRI 1945 adalah |
a. |
b. |
c. |
d. |
36. | Peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk melaksanakan UUD NRI 1945 disebut... |
a. |
b. |
c. |
d. |
37. | Suatu peraturan yang dibentuk oleh presiden tanpa terlebih dahulu mendapat persetujuan DPR disebut... |
a. |
b. |
c. |
d. |
38. | Peraturan Pemerintah dibentuk untuk melaksanakan isi dari.... |
a. |
b. |
c. |
d. |
39. | Tata urutan peraturan perundang-udangan yang paling rendah kedudukannya adalah... |
a. |
b. |
c. |
d. |
40. Kewajiban Tasya sebagai seorang siswa
terhadap Pancasila yaitu ...
a.
Mengenang para penggali
nilai-nilai Pancasila
b.
Mempelajari,mengamalkan,
dan mempertahankan Pancasila
c.
Mengkaji kebenaran
Pancasila melalui diskusi kelompok
d.
Mempelajari sejarah
lahirnya Pancasila
41. UUD 1945 menyebutkan bahwa
bentuk pemerintahan republik yaitu negara yang dikepalai oleh ...
a.
Presiden c.
Perdana menteri
b.
Raja d.
Panglima tertinggi TNI
42.
Pada tanggal 18 Agustus
1945 s.d. 27 Desember 1949 Indonesia menggunakan ...
a.
UUD 1945
c. Konstitusi RIS
b.
UUDS 1950
d. UUD Federal
43.
Indonesia pernah
menggunakan Konstitusi RIS pada tahun...
a.
1945-1949
c. 1949-1950
b.
1950-1959
d. 1959-1960
44.
Pada waktu berlaku UUDS
1950, Indonesia menganut sistem pemerintahan ...
a.
Otoriter
c. Monarchi
b.
Parlementer
d. Presidensial
45.
Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 antara lain menetapkan
...
a.
Pembubaran PKI c.
Pembentukan kabinet Dwikora
b.
Berlakunya kembali UUD 1945 d. Pembubaran DPR
46.
Sikap yang diperlukan bagi
warga negara agar nilai-nilai konstitusi dapat dilaksanakan oleh para
penyelenggara negara adalah ...
a.
Mengawasi penyelenggaraan
negara apakah sesuai konstitusi
b.
Mendatangi pejabat agar
menghafal konstitusi
c.
Mengadakan demonstrasi jika
ada pejabat yang melanggar konstitusi
d.
Memasang spanduk anti
pejabat yang tidak memahami konstitusi
47.
Pada masa pemerintahan Orde
Lama, kehidupan politik dan pemerintahan ...
a.
Sangat sesuai dengan
Pancasila dan UUD 1945
b.
Sering terjadi penyimpangan
terhadap Pancasila dan UUD 1945
c.
Selalu berpedoman kepada
Pancasila dan UUD 1945
d.
Hampir tidak ada
penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945
48.
Negara kostitusionil
memiliki konstitusi yang bercirikan ...
a.
Membatasi masa jabatan
presiden c. Membatasi
kekuasaan pemerintah
b.
Mengatur tugas kepala
negara d. Membatasi
kegiatan kepala negara
49.
Contoh penyimpangan
konstitusionil antara lain ...
a.
Presiden memberhentikan
menteri karena tidak mampu bekerja
b.
PNS menggunakan hak pilih
dalam PEMILU
c.
MPR memberhentikan presiden
karena usulan dari DPR
d.
Presiden membubarkan DPR
50.
Ideologi adalah kumpulan
gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan yang menyeluruh dan sistematis,
yang menyangkut ...
a.
Bidang pemerintahan suatu
negara c. Berbagai
bidang kehidupan manusia
b.
Urusan negara dengan
rakyatnya d. Kepentingan
para pejabat
51.
Pentingnya ideologi bagi
suatu negara adalah ...
a.
Meningkatkan pendapatan
masyarakat
b.
Membentuk identitas atau
ciri kelompok atau negara
c.
Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.
Mendidik generasi muda
untuk belajar politik
52.
Latar belakang Pancasila
sebagai ideologi negara yaitu bahwa Pancasila ...
a.
Mudah dipahami masyarakat
desa c. Sudah ada
sejak jaman Majapahit
b.
Mampu mempertahankan NKRI d. Sudah ada sejak
jaman Mataram
53.
Istilah Pancasila telah
dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke-14, yaitu terdapat dalam buku Negara
Kertagama karangan Empu Pranpanca, dan dalam buku Sutasoma karangan ...
a.
Empu Gandring c.
Empu Pranpanca
b.
Empu Tantular d.
Empu Sindok
54.
Berikut merupakan lima
larangan Empu Tantular dalam Pancasila Krama, kecuali...
a.
Dilarang berjiwa dengki c.
Dilarang berbohong
b.
Dilarang bersedekah d.
Dilarang melakukan tindakan kekerasan
55.
Pancasila sila kesatu
menuntun manusia untuk
a.
Percaya dan taqwa terhadap
Tuhan Yang Maha Esa
b.
Mempelajari
agama/kepercayaan orang lain
c.
Memperhatikan peribadatan
orang lain
d.
Membantu tetangga yang
kekurangan
56.
Pancasila sila kedua
membimbing manusia untuk ...
a.
Bergaul akrab dengan teman
sebangku saja c. Menghargai orang
yang lebih tua
b.
Mencintai sesama teman d.
Mengasihi orang yang sopan
57.
Contoh peran serta Muhammad sebagai warga
negara dalam mempertahankan Pancasila dalam lingkungan masyarakat yaitu ...
a.
Mengembangkan sikap
toleransi c.
Menuruti permintaan tetangga
b.
Mengikuti kegiatan para
pemuda d. Suka
mengalah dalam pergaulan
58.
Melemahnya kepercayaan
rakyat terhadap ideologi Pancasila dapat ...
a.
Merusak moral generasi muda
b.
Meningkatkan tindak
kekerasan
c.
Mengancam persatuan dan
kesatuan bangsa Indonesia
d.
Menambah penderitaan rakyat
59.
Salah satu sifat yang harus
dikembangkan dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara kita antara
lain ...
a.
Mengutamakan kepentingan
kelompok dan daerah
b.
Mengesampingkan kepentingan
kelompok dan daerah
c.
Membantu masyarakat kecil
di pedesaan
d.
Mengutamakan persatuan dan
kesatuan bangsa
60.
Perilaku seseorang yang
anti korupsi dapat ditunjukkan dengan cara ...
a.
Mengawasi semua kegiatan
pejabat negara
b.
Mengadakan demonstrasi jika
ada pejabat yang korupsi
c.
Benci terhadap pejabat yang
korupsi
d.
Membantu pemerintah di
dalam memberantas korupsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar